Naik Kendaraan Umum vs Mobil Pribadi, Manakah yang Paling Hemat?

harga jual toyota avanza –  Hidup di perkotaan besar menuntut lebih banyak empati dan bersabar dalam menghadapi berbagai hal. Salah satunya adalah kemacetan lalu lintas karena jumlah mobil pribadi yang meningkat. Bahkan, menurut data Dirlantas Polda Metro Jaya, setiap hari ada 1.600 unit mobil baru yang meluncur di jalanan. Tak heran apabila kemacetan merajalela di kota – kota besar.

Guna menyiasati kemacetan akibat membludaknya jumlah mobil dan kendaraan bermotor, pemerintah gencar memberikan fasilitas kendaraan umum. Meliputi KRL, angkutan umum, taksi, dan sebagainya.

Baca Juga : 4 Tips Merawat Mobil Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Meski tampaknya jumlah kemacetan masih tak terbendung, pemerintah terus – menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik di lini angkutan umum. Lalu, melihat dari segi ekonomi, manakah yang paling hemat, naik angkutan umum atau mobil pribadi?

1. Naik angkutan umum

Sebagai contoh untuk biaya transportasi umum menggunakan angkot dan KRL rute Depok – Jakarta, biaya yang dikeluarkan Rp 14.000 x 22 hari atau sekitar Rp 308.000. Selain itu, penumpang hanya perlu mengeluarkan ongkos biaya transportasi tanpa harus merogoh kocek untuk perawatan atau pajak.

2. Naik mobil pribadi

Dengan mengambil simulasi mobil Honda Jazz tahun 2005, yang pemakaian umum bahan bahar 1:9 di dalam kota. Maka jarak tempuh Depok – Jakarta sekitar 20 km. Dalam satu hari, jarak tempuk pulang dan pergi sekitar 40 km. Maka, bahan bakar per harinya adalah 4,5 liter. Dikalikan dengan harga bahan bakar misalnya Rp 8.000. Maka, perhitungannya:

Biaya

per hari

Per bulan

Bensin

36.000

792.000

tol

15000

330.000

perawatan 100.000

100.000

Total

1.222.000

 

Nah, kesimpulannya menumpang transportasi umum memang lebih hemat hingga 4x lipat dibandingkan naik mobil pribadi. Namun, dari segi pemanfaatan atau tergantung tingkat mobilitas masing – masing orang, menggunakan mobil pribadi masih dianggap sebagai suatu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan.

***

Nah, bila kebutuhan transportasi untuk pekerjaan bisa mengandalkan kendaraan umum. Alokasikan dana untuk membeli mobil baru bagi keluarga karena harga jual toyota avanza setiap tahun sangat menggiurkan. Bila butuh dana cepat, mobil lama bisa dijual untuk menambah ongkos. Bagi pemilik mobil Toyota seperti Avanza atau Agya, harga jual toyota avanza ataupun Agya masih relatif stabil karena cukup banyak peminatnya.

harga jual avanza

Agar mobil cepat laku, jual saja melalui platform BeliMobilGue.co.id. Apply di situs BeliMobilGue.co.id, inspektor datang mengecek kondisi mobil, penawaran ok, maka uang langsung diterima penjual.

Start up BeliMobilGue.co.id sementara ini sudah meliputi area Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cibubur serta segera menyusul wilayah lain di seluruh Indonesia.