Ini Dia Negara dengan Waktu Puasa Terlama dan Tersingkat

Bulan puasa atau Ramadan telah tiba. Umat Islam yang merayakannya pasti menyambut dengan suka cita. Nah, ternyata lama waktu puasa di tiap negara berbeda beda karena perhitungannya berdasarkan periode saat matahari terbit hingga tenggelam. Ada negara dengan waktu puasa terlama, dan juga yang tersingkat. Simak di sini!

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta juga keluarga. Saat berbuka adalah waktu yang paling dinanti untuk bisa bersantap dan bercengkerama bersama keluarga atau sahabat.

Untuk kamu yang tinggal di Indonesia, waktu berpuasa relatif sedang, sekitar 13 jam saja. Hal itu bisa berbeda untuk kamu yang tinggal di negara dengan periode matahari yang lama. Atau malah negara dengan periode matahari yang relatif cepat.

 

Rusia yang Terlama

Salah satu negara yang akan mengalami durasi puasa terpanjang adalah Rusia, dengan yang terlama di kota Murmansk. Di kota itu, malam hari hanya terjadi selama 3 jam, dan matahari sudah terbit pada pukul 1.41 dini hari. Totalnya, umat Muslim akan berpuasa hingga 20 jam 45 menit lamanya.

Murmansk merupakan kota besar di bagian barat laut Rusia dengan pelabuhan laut di Teluk Kola. Letaknya 12 km dari Laut Barents di pantai utara Semenanjung Kola, tidak jauh dari perbatasan Rusia dengan Norwegia dan Finlandia.

Tak hanya Rusia, umat Muslim yang berada di negara di sekitarnya juga bakal mengalami periode puasa yang panjang. Negara-negara tersebut antara lain Islandia, Swedia, dan Alaska yang mengalami sekitar 19 jam berpuasa.

Yang menjadi persamaan dari negara-negara tersebut adalah bahwa kebanyakan berada di dekat Kutub Utara dimana terdapat fenomena langit Aurora.

 

Argentina yang Tersingkat

Sementara itu, umat Muslim bakal mengalami durasi puasa tersingkat apabila mereka tinggal di kota Ushuaia, Argentina. Di kota itu, waktu subuh jatuh pada pukul 6.57 pagi, sedangkan maghrib tiba pukul 5.57 sore. Karena itu, warga Muslim di sana hanya perlu berpuasa 11 jam, 2 jam lebih cepat dari Indonesia.

Ushuaia dianggap sebagai kota paling selatan di dunia. Kota ini terletak di sebuah teluk yang luas di pantai selatan dari Isla Grande de Tierra del Fuego, dibatasi di utara oleh pegunungan Martial dan di selatan oleh Beagle Channel.

Bagaimana menurut kamu? Apakah fakta-fakta kota-kota dunia dalam berpuasa tersebut menarik? Atau kamu berencana berkunjung di kota-kota tersebut?