Sepanjang Mei, Penjualan Ritel Mobil Daihatsu Naik 32%

Daihatsu kembali merilis data pencapaian penjualannya. Tercatat pada Mei 2019, total angka retail sales Daihatsu mencapai 17.486 unit, naik sekitar 32% dari April lalu sebesar 13.216 unit. Hal ini tidak lepas dari tingginya permintaan masyarakat saat menjelang libur Lebaran lalu.

Terkait pasar otomotif secara nasional keseluruhan, penjualan retail sales khusus bulan Mei 2019 mencapai sekitar 93 ribu unit, naik sekitar 16% dibandingkan bulan April lalu.

Jika dibandingkan dengan peningkatan pasar, penjualan retail Daihatsu mengalami kenaikan yang lebih tinggi. Hal itu membuat pangsa pasar Daihatsu pada bulan Mei berkontribusi sekitar 18,6%.

Pada penjualan retail sales Daihatsu masih didominasi oleh Sigra dengan torehan 6.163 unit (35%), diikuti oleh Ayla 2.540 unit (15%), dan Xenia 2.533 unit (14%). Lalu disusul line-up lainnya seperti GranMax Pick up (PU) sebesar 2.512 unit (14%), dan Terios 1.846 unit (11%).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Daihatsu yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka. Kami bersyukur karena Daihatsu masih dapat mempertahankan posisi nomor 2, dan mencapai pangsa pasar untuk retail sekitar 18,6% pada bulan Mei lalu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Penjualan Domestik Turun Secara Tahunan

Di sisi lain, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), pada Mei 2019 total penjualan mobil domestik hanya 84.029 unit. Jumlah itu turun 16,4% dibandingkan Mei 2018 yang sempat mencapai 100.520 unit.

Lebih lanjut, total penjualan pada Januari-Mei 2019 mencapai 422.038 unit, turun 14,7% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 494.931 unit.

Dari data tersebut, secara volume penjualan mobil pada Mei 2019 masih dikuasai oleh Toyota sebagai pemimpin pasar, disusul oleh Daihatsu. Toyota membukukan penjualan 29.280 unit dan Daihatsu 14.178 unit.

Sepanjang Mei 2019, penurunan penjualan terbesar terjadi pada Mitsubishi dari 16.967 unit pada Mei 2018 menjadi 11.761 Mei 2019. Selanjutnya, penurunan tajam diikuti oleh merek Suzuki. Catatan penjualan 12.555 unit pada Mei 2018 turun menjadi 8.775 unit pada Mei tahun ini.

Selain itu, penurunan juga terjadi pada merek Honda, dari 14.324 unit di Mei tahun lalu, menjadi 11.048 unit pada Mei 2019. Adapun Toyota cenderung stagnan, penjualan hanya menembus 29.280 unit pada Mei 2019. Jumlah itu naik tipis dari periode yang sama 2018 yang mencapai 29.013 unit. Justru kenaikan penjualan terjadi pada Nissan, naik dari 246 unit menjadi 1.204 unit.