Ini Pentingnya Memasang Kamera Dashboard pada Mobil

Memasang kamera mobil alias dashboard cam (dashcam) bukan gaya-gayaan semata, lho! Tujuan utamanya, yaitu sebagai pengawas dalam keselamatan dan keamanan berkendara.

Seperti namanya, dahscam, kamera ini terletak pada bagian tengah kabin. Ya, tepatnya di sekitar area dashboard. Lantas, apalagi poin penting dari kehadiran kamera yang bekerja layaknya CCTV rumah ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah, yuk!

Dashcam Berbeda dengan Kamera Parkir Mobil

Perlu diketahui terlebih dulu, dashcam dan kamera parkir merupakan dua fitur yang berbeda. Biarpun sama-sama berada dan dipasang di mobil, keduanya punya tugas yang tak serupa.

Dashcam lebih berfungsi ke arah surveillance atau pengawasan. Sementara kamera parkir atau kamera belakang berguna untuk membantumu saat mundur untuk parkir. Tak seperti dashcam, hasil video dari kamera parkir pun bisa langsung muncul pada layar yang ada di dalam kabin.

Cara Kerja Kamera Mobil Dashcam

Di luar negeri, kamera pengawas seperti ini sudah lazim terpasang. Sementara itu, di Indonesia, sudah ada pabrikan yang menjadikan dashcam sebagai fitur bawaan. Di sisi lain, mobil-mobil “jadul” pun bisa dipasangi kamera ini.

Berbeda dengan CCTV rumah yang bisa merekam selama 24 jam, dashcam hanya akan berfungsi ketika pengemudi menyalakan mobil mereka. Seluruh proses perekaman video pun otomatis dimulai beli mesin telah distarter. Selain itu, ada pula dashcam yang perlu dinyalakan secara manual.

Walaupun dalam keadaan mati, kamu tidak perlu khawatir karena dashcam akan langsung merekam kejadian bila terdapat getaran yang aneh. Ini disebabkan oleh adanya fitur G-sensor.

Sudut pandang yang direkam oleh dashcam ada yang khusus untuk interior kabin mobil. Di sisi lain, ada juga dashcam yan bekerja merekam aktivitas pada bagian luar mobil (menghadap depan maupun belakang).

Kebanyakan merek dashcam dilengkapi dengan memori dalam dan eksternal. Gunanya ialah agar video hasil rekaman bisa dipindahkan ke laptop maupun tempat penyimpanan lainnya. Pasalnya, bila memori penuh maka video lama akan langsung tertimpa dan terhapus yang baru.

Pentingnya Memasang Kamera Mobil untuk Kendaraanmu

Fungsi dashcam yang penting menjadikannya sebagai salah satu fitur yang penting untuk dimiliki mobil. Cukup banyak alasan yang membuat kamu harus segera memasangnya. Apa saja? Ini dia beberapa di antaranya.

1. Bisa jadi bukti kuat saat kecelakaan

Amit-amit, deh, ya kalau kita sampai kecelakaan atau ditabrak/menabrak orang. Bila terjadi hal-hal tak diinginkan tersebut, rekaman kamera mobil inilah yang bermanfaat sebagai barang bukti.

Contohnya saja saat kasus tabrakan tersebut dibawa ke ranah hukum. Kamu dan pihak berwajib bisa melihat dengan jelas kronologis detik-detik kejadian kecelakaan. Disebutkan, kamera ini akan menyimpan rekaman 4 jam ke belakang sebelum terjadinya suatu peristiwa.

2. Dapat mempermudah klaim polis asuransi bila terjadi kecelakaan

Selain menjadi bukti untuk kepolisian, rekaman pada kamera mobil juga bisa dipergunakan untuk mengklaim asuransi kecelakaan. Proses klaim asuransi terkenal cukup rumit bila kamu tak memiliki bukti kuat atas insiden yang terjadi. Ingat, ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang berlangganan asuransi kecelakaan, ya!

Kamu cukup memberi rekaman kejadian pada tempat asuransimu, maka mereka akan melakukan penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan. Mereka pun tak punya dalih untuk mangkir dari pertanggungan akibat kecelakaan tersebut.

3. Berfungsi sebagai kamera pengawas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ada juga kamera mobil yang merekam interior kendaraan. Kamu yang kerap diantar kemana-mana oleh supir, bisa memantau aktivitas dia saat sedang tak bersamamu. Bila ada kejadian pencurian atau perampokan, rekamannya pun bisa berguna!

4. Kamera mobil bekerja ganda sebagai GPS

Enaknya punya kamera mobil ialah bisa sekalian dapat alat global positioning system atau GPS. Kamu jadi tidak usah beli GPS terpisah, deh, bila berniat memasang dashcam.

Bukan hanya bisa memandumu saat akan bepergian, kehadiran GPS pada dashcam pun berfungsi merekam akselerasi dan kecepatan kendaraan. Tidak hanya itu, GPS tersebut pun bisa terkoneksi dengan smartphone sehingga kamu bisa melacaknya saat diipinjam maupun hilang dicuri.

5. Tidak memakan energi yang besar

Dibalik fungsinya yang sangat baik, dashcam ternyata tidak memerlukan energi besar. Kamera tersebut sudah dilengkapi dengan baterai internal. Di sisi lain kamu pun bisa mengisi daya baterai dengan cara mencolokkan kabel pada lubang lighter yang ada di kendaraan.

6. Bisa menjadi alarm mobil

Ya, ada juga beberapa merek kamera mobil yang dapat berfungsi sebagai ADAS alias advance driver assist system. Layaknya alarm, fitur ini akan mengeluarkan suara bila terjadi hal yang membahayakan. Contohnya seperti ketika ada mobil yang menyalip secara ugal-ugalan. 

Semoga ulasan dari BeliMobilGue.co.id tentang kamera mobil tadi bisa bermanfaat untukmu! Pastikan untuk selalu menjaga keamanan kendaraan pribadi milikmu.

Bila suatu hari nanti kamu ingin menjual mobil, jual saja di BeliMobilGue.co.id. Proses yang cepat dan bersahabat dijamin membuatmu jadi nyaman dan tenang, deh!