5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Mengeluarkan Angin

AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin adalah problematika yang kerap dialami oleh banyak orang. Apakah kamu juga terkendala hal tersebut? Jika iya, pastikan agar hal tersebut tak terjadi. Pasti enggak nyaman lho, gerah seharian di dalam mobil!

Temperatur suhu udara yang makin meningkat dari hari ke hari, membuat pendingin dalam mobil jadi tumpuan untuk menyegarkan diri. Buka kaca pun tidak selalu jadi pilihan tepat, mengingat polusi jalanan bisa bikin sesak dan enggak baik bagi pernapasan.

Maka dari itu, kondisi ketika AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin bisa jadi masalah serius yang mesti segera diatasi. Sebelum cari solusi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana sistem pendingin udara dalam mobil bekerja. Yuk, simak di bawah ini!

Mengenal Cara Kerja dan Pentingnya AC Mobil

Keberadaan AC mobil seolah wajib saat tengah berkendara. Panasnya jalanan merupakan salah satu alasan utama kenapa pendingin amat dibutuhkan. Namun, percaya atau tidak, faktanya AC mobil bukanlah mesin yang menyimpan udara dingin!

Sejatinya, proses menghasilkan udara dingin dalam AC berasal dari gas panas yang diolah sedemikian rupa sampai jadi sejuk. Proses tersebut berlangsung secara seksama dan berlaku untuk produk lain, baik AC kendaraan umum hingga rumah.

Lebih lanjut, uap gas panas tersebut memasuki kompresor dalam mesin sehingga menghasilkan tekanan lebih tinggi, lalu didinginkan oleh udara yang mengalir melintasi koil kondensor. Pendingin yang bersirkulasi menolak panas dari sistem dan terbawa oleh udara.

Sejarah AC mobil bermula dari sebuah perusahaan di New York, Amerika Serikat pada tahun 1933. Sebagian besar pelanggan mereka mengoperasikan limusin dan mobil mewah. Packard lantas menjadi produser mobil pertama yang menawarkan unit pendingin udara dalam mobil.

Sampai sini, kamu sudah tahu ‘kan bagaimana proses pendinginan udara AC mobil bekerja? Sekalipun teknologi sudah canggih, masalah-masalah seperti AC mobil tidak dingin hanya mengeluarkan angin masih terjadi. Tentu saja, hal itu sangat menyebalkan!

Jika dicermati, masalah umum AC mobil tidak dingin hanya mengeluarkan angin biasanya berasal dari:

– Refrigerant

– Kondensor

– Kelistrikan

– Kipas pendingin

– Kompresor

Penting bagi kamu untuk mencari sumber permasalahan pada mobil yang satu ini. Enggak mau ‘kan, kerusakan tersebut merembet ke hal lain Biar tak salah kaprah, simak lima poin penting penyebab AC mobil tidak dingin hanya mengeluarkan angin sebagai berikut ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Mengeluarkan Angin

Apa penyebab AC mobil tidak dingin? Simak penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin sebagai berikut ini.

1. Freon bocor

Kebocoran zat pendingin dapat terjadi pada titik mana pun dalam proses pengkondisian udara. Apalagi, tak jarang kamu sulit menentukan lokasi kebocoran secara tepat. Tempat paling umum di mana kebocoran ditemukan adalah pada sambungan selang unit AC.

Sambil mencari kebocoran, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan teknisi guna mencari penyebab tersebut. Terdapat alat yang dirancang khusus untuk menutup kebocoran dan bisa ditemukan di toko onderdil mobil terdekat.

2. Kondensor kotor atau rusak

Kondensor berfungsi untuk mendinginkan gas panas setelah dikompres dengan cara menggunakan aliran udara yang melewati bagian depan mobil. Jika kondensor kotor atau bahkan rusak, ia tak dapat melakukan pendinginan secara optimal.

Tak pelak, kondensor yang tak berfungsi dengan baik akan membuat AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin panas. Kunjungi bengkel terdekat dan kamu dapat meminta teknisi untuk memeriksa kondensor lebih lanjut.

Kalau kondensor kotor dan masih memungkinkan untuk dipakai, segera bersihkan. Namun bila kondensor rusak akibat tumpukan debu, sebaiknya perbaiki atau ganti agar tidak merembet ke onderdil lain. Bisa-bisa tekor, lho!

3. Permasalahan pada listrik

Masalah listrik mungkin merupakan salah satu yang sulit untuk didiagnosis. Sebagai langkah awal, kamu bisa memeriksa seluruh sistem kelistrikan untuk melihat apakah ada kabel yang putus atau usang. Setelah ditemukan, jangan lupa segera servis!

Teknisi bakal memperbaiki dengan pita listrik atau diganti baik sebagian maupun total. Kalau kamu tidak dapat menemukan masalah listrik secara kasat mata, mungkin sudah waktunya untuk membawa kendaraan ke dealer yang berpengalaman untuk diagnosis lebih lanjut.

4. Kipas tidak berfungsi dengan baik

Saat kipas tidak berfungsi dengan baik, kondensor tidak mampu menerima pendinginan dengan benar. Seiring berjalannya waktu, udara yang dihasilkan dari AC hanya akan terasa panas. Cara terbaik untuk memeriksa apakah kipas pendingin rusak adalah melalui inspeksi visual.

Retak pada kipas dapat disebabkan oleh debu jalanan. Salah satu cara paling aman adalah mengganti kipas. Masalah-masalah ini mungkin harus ditangani oleh seorang profesional kecuali jika kamu memiliki pengalaman dalam dunia kelistrikan.

5. Kualitas kompresor buruk

Kompresor menjaga AC mobil kamu bergerak setiap saat. Alasan paling umum komponen tersebut menurun secara fungsi yakni karena periode waktu yang lama tanpa digunakan. Kurangnya penggunaan cenderung mengejutkan sistem saat dinyalakan kembali.

Sekarang sudah tahu ‘kan, penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin? Yuk tangani dari sekarang, jangan sampai didiamkan lama hingga kerusakan merembet. Jangan lupa, pantau terus BeliMobilGue.co.id untuk menemukan opsi jual-beli mobil terbaru saat ini!