Hati-hati, Ini 5 Penyebab Mobil Terbakar Sendiri

Semua orang pasti menginginkan kendaraannya tampil prima dan mempesona. Makanya, jangan heran kalau tak sedikit dari kita yang rela menggelontorkan banyak uang untuk mendandaninya. Namun, masalah bisa datang kapan saja dan di mana saja. Tabrakan dan mobil yang terbakar dengan sendirinya jadi momok tersendiri di benak kita.

Sebenarnya, kasus kebakaran mobil di jalan sudah sering terjadi. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil terbakar. Berikut penjelasannya.

Penyebab Mobil Terbakar

Penyebab mobil terbakar bermacam-macam. Namun yang pasti, sebagian besar dari penyebab tersebut diakibatkan oleh kelalaian si pemilik mobil sendiri.

1. Mesin overheat

Penyebab mobil terbakar yang pertama adalah kondisi mesin yang terlalu panas atau mesin overheat. Perlu kamu ketahui bahwa mesin overheat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna.

Nah, rusaknya komponen radiator ini bisa menyebabkan mesin tidak beroperasi secara maksimal. Nah, gesekan pada komponen mesin mobil menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran interior mobil yang akhirnya bisa merembet ke seluruh bagian mobil. Sebenarnya, kondisi mesin yang panas atau mesin overheat bisa kamu ketahui pada lampu indikator yang terdapat di dashboard mobil.

Apa yang harus dilakukan jika mesin mobil kesayangan kamu overheat? Segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman dan teduh, lalu matikan mesin. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai suhu mesin sudah turun dan kamu bisa melanjutkan perjalanan lagi.

2. Korsleting listrik

Penyebab mobil terbakar yang kedua adalah adanya korsleting listrik. Selain mesin overheat, korsleting listrik jadi salah satu penyebab mobil terbakar yang paling sering terjadi. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya korsleting listrik, salah satunya adalah adanya hubungan arus pendek pada baterai atau aki.

Selain itu, bagian kabel yang terkelupas dan tersentuh logam atau air juga bisa menjadi salah satu risiko penyebab mobil terbakar. Tidak berhenti sampai di situ saja. Korsleting listrik juga bisa disebabkan oleh ukuran kabel yang tidak sesuai.

Nah, itu sebabnya, kamu perlu memperhatikan komponen ini saat melakukan beberapa ubahan yang berhubungan dengan kelistrikan. Perlu kamu ketahui bahwa daya listrik yang lewat pada kabel punya daya yang berbeda dan jika salah dalam aplikasinya, hal tersebut bisa memercikkan api dan membuatnya menyebar ke seluruh bagian mobil.

3. Kebocoran bahan bakar minyak

Ada berbagai macam cairan yang terdapat pada sebuah mobil, mulai dari oli pelumas, oli mesin, hingga bahan bakar seperti bensin atau solar. Nah, penyebab mobil terbakar berikutnya ada hubungannya dengan kebocoran bahan bakar minyak.

Meski begitu, mobil yang terbakar secara tiba-tiba tidak melulu diakibatkan oleh kebocoran bahan bakar minyak saja. Namun, bisa saja terjadi akibat hawa panas. Nah, hawa panas yang menguap dari mesin bisa membuat bahan bakar minyak yang ada di dalam tangki bisa terbakar dengan sendirinya.

4. Modifikasi

Beragam cara dilakukan untuk membuat mobil kesayangan tampil lebih keren dan beda dari mobil lain di jalan. Tak hanya melakukan modifikasi di sektor eksterior, tidak sedikit dari kita juga yang melakukan beberapa ubahan di sektor interior, khususnya audio untuk membuat penumpangnya jadi lebih nyaman.

Karena hal tersebut, si pemilik mobil akhirnya harus mengganti kabel bawaan mobil untuk keperluan modifikasi. Nah, masalah akan muncul saat pemilihan kabel pengganti tersebut tidak tepat. Perlu kamu ingat bahwa terjadinya kebakaran bisa terjadi karena modifikasi asal-asal atau tidak mempertimbangkan bagian-bagian secara detail. Termasuk pemotongan dan penyambungan kabel yang tidak sempurna.

Tidak berhenti sampai di situ. Selain audio, tidak sedikit orang juga melakukan ubahan pada lampu kabut dan menggantinya dengan lampu yang lebih terang. Masalahnya, sering kali pemilik mobil tidak mengetahui bahwa lampu yang digunakan pada fog lamp punya watt yang lebih besar sehingga berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

5. Faktor eksternal

Selain terjadi akibat faktor internal, penyebab mobil terbakar juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal. Memang, hal ini jarang terjadi. Namun, tidak ada salahnya kamu mengantisipasi hal ini.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran adalah saat kamu terpaksa memarkir mobil di dekat bak sampah dan sampah sedang dibakar. Akibat tertiup angin, sampah yang terbakar jadi menempel dan membakar mobil. Selain itu, penyebab mobil terbakar lainnya adalah kamu lupa atau kurang mengencangkan tutup tangki bensin setelah setelah mengisi bahan bakar.

Itu dia beberapa penyebab mobil terbakar yang perlu kamu ketahui. Nah, sebagai pemilik kendaraan, kamu harus waspada terhadap masalah atau gangguan yang muncul. Segera kenali penyebabnya dan kamu bisa meminimalisir risikonya. Jangan lupa untuk kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk dapat informasi terkini soal jual-beli mobil, ya.