Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter, Apa Saja?

Duh, buru-buru pergi ke kantor tapi tiba-tiba mobil tidak bisa distarter. Pernah mengalami kejadian ini? Menyebalkan banget, ya!

Bila hal tersebut terjadi pada kamu, jangan panik. Karena, hal tersebut adalah salah satu masalah yang umum terjadi pada mobil berusia tua. Ada beberapa penyebab umum yang membuat mobil jadi tak bisa distarter. Apa saja? Yuk, kenali sumbernya agar bisa menanganinya dengan tepat.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter yang Paling Umum

Umumnya, orang cenderung mengira ada masalah pada aki saat mobil tidak bisa dinyalakan. Padahal belum tentu karena aki juga, sih. Ayo kita bahas satu per satu penyebabnya dan cara menanganinya:

1. Daya aki mobil yang melemah

Seiring bertambahnya usia mobil, kondisi aku (accu) pun akan ikut menurun. Bila tidak sering dicek untuk disetrum dan tak dirawat, lama-lama aki pun jadi kotor. Parahnya, aki yang tak terawat bisa jadi soak.

Akibatnya, sejumlah perangkat mobil yang membutuhkan tenaga listrik dari aki jadi tidak berjalan maksimal. Nah, salah satu fitur yang turut terimbas dari kondisi aki yang melemah ialah starter mobil. Segera cek aki mobilmu bila mengalami gejala mobil tidak bisa distarter!

Kamu yang sudah terbiasa mengurus mobil bisa melakukan pengecekan aki secara mandiri. Cara mengecek kondisi aki mobil adalah sebagai berikut:

– Mengecek indikator aki di dashboard

Cara termudah mengetahui kondisi aki yang tidak prima adalah melalui lampu indikator pada dashboard. Pertama, putar kunci kontak dalam keadaan menyala, lalu perhatikan lampu indikator. Bila lampu bergambar kotak aki menyala, dapat dipastikan bahwa baterai mobil dalam kondisi lemah.

– Membersihkan kutub positif aki

Lepas kutub positif (+) aki. Setelah itu, bersihkan kutub menggunakan lap kering karena biasanya bagian tersebut mudah berkerak dan kotor. Ini dilakukan agar aliran listrik yang tadinya terhambat kotoran bisa kembali berjalan normal.

Aki yang soak bisa diperbaiki dengan cara setrum/jumper. Namun, bila cara ini tak berhasil, lakukanlah penggantian aki yang baru agar masalah kelistrikan mobil tak bertambah parah.

2. Pengaliran bahan bakar terhambat

Tak hanya terjadi di pagi hari, mobil tidak bisa distarter kadang juga terjadi saat mesin mobil sedang panas-panasnya. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh mandeknya aliran bahan bakar dari tangki ke mesin.

Selain itu, ada juga beberapa penyebab mobil gagal starter yang berkaitan dengan bahan bakar lainnya, yaitu:

– Akibat bahan bakar bensin yang bercampur dengan udara.

Kondisi pompa bahan bakar yang melemah akibat terkena dingin. Akibatnya, aliran bahan bakar dari tangki ke karburator jadi tak sempurna. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghentak pompa bahan bakar yang terdapat di dalam ruang mesin.

3. Fuel pump melemah

Ada juga beberapa penyebab mobil gagal starter yang berkaitan dengan bahan bakar lainnya, yaitu fuel pump yang melemah. Biasanya hal ini disebabkan oleh udara yang terlalu dingin.

Fuel pump yang dingin membuat aliran bahan bakar dari tangki ke karburator jadi tak sempurna. Kondisi fuel pump yang bermasalah sendiri dapat kamu monitor pada lampu indikator dashboard.

Cara pertama untuk mengatasinya yaitu dengan menghentak pompa bahan bakar yang terdapat di dalam ruang mesin. Bila tak berhasil, terpaksa, kamu harus memanggil montir andalan ke rumah.

4. Busi bermasalah juga sebabkan mobil tidak bisa distarter

Selain aki, busi juga punya kontribusi dalam proses starter mobil. Jika busi mengalami masalah atau kerusakan, starter mobil pun jadi terganggu.

Mengapa busi bisa berpengaruh dalam proses starter mobil? Pasalnya, busi berperan dalam menciptakan percikan bunga api untuk menghidupkan starter. Bila bagiannya terlapisi karat atau kotoran, tentu proses tersebut pun jadi terhambat.

Apabila tidak ada masalah dengan aki, beralihlah untuk mengecek bagian busi. Kondisi busi yang sudah lama atau kotor bisa jadi biang keroknya.

Cara menangani busi kotor sangatlah mudah. Kamu cukup mengelap bagian yang ternoda dengan kain bersih. Di sisi lain, bila busi sudah rusak, lebih baik diganti saja dengan yang baru.

5. Kondisi sekring tak lagi optimal

Periksa aki sudah, busi pun checked. Tidak ada masalah dengan keduanya? Kalau begitu, coba cek bagian sekring mobilmu, deh. Kondisi sekring yang tak optimal juga bisa jadi penyebab mobil sulit untuk distarter.

Sekring atau kerap disebut sebagai fuse punya andil dalam menjaga arus listrik di dalam mobil agar sesuai kebutuhan. Bila tak berfungsi dengan baik, bukan mobil saja yang jadi sulit distarter. Bahaya terparahnya ialah mobil bisa terkena korsleting bahkan kebakaran. Maka dari itu, berhati-hati, ya!

Wah, ternyata cukup banyak juga penyebab mobil tidak bisa distarter, ya! Supaya kondisi mobil tetap prima, jangan malas untuk melakukan servis kendaraan secara berkala. Kondisi mobilmu saat ini bisa jadi penentu harga jualnya di masa depan, lho.

Nah, kalau kamu berniat untuk menjual mobil bekas secara cepat, langsung saja hubungi BeliMobilGue.co.id saja. Prosesnya cepat, aman, dan terpercaya!