Ketahui 5 Perbedaan Mobil SUV dan MPV Berikut Ini

Ada beragam jenis mobil yang beredar di pasaran, mulai dari Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV), hatchback, hingga city car. Masing-masing dari jenis mobil tersebut memiliki karakteristik masing-masing.

Di Indonesia, SUV dan MPV jadi market dengan penggemar yang cukup besar. Alasannya, mobil ini mampu mengangkut banyak penumpang di waktu bersamaan.

Namun, sebagian dari kita mungkin masih belum bisa membedakan dan memastikan pilihan mobil yang tepat sesuai kebutuhan. Biar tidak bingung, berikut perbedaan mobil SUV dan MPV yang perlu kamu tahu.

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Meski terlihat mirip, tapi ada beberapa perbedaan mobil SUV dan MPV yang paling mendasar. Apa saja?

1. Tujuan penggunaan mobil

Perbedaan mobil SUV dan MPV yang pertama adalah dari tujuan penggunaan mobil. SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan jenis mobil yang memang ditujukan untuk bisa melewati berbagai medan, mulai dari jalan bergelombang hingga medan yang susah atau menantang.

Sementara MPV atau Multi Purpose Vehicle lebih ditujukan sebagai mobil keluarga. Itu sebabnya, mobil berjenis MPV lebih mengedepankan kenyamanan dan keamanan saat di jalan.

Tidak berhenti sampai di situ, MPV juga biasanya dilengkapi dengan bagasi yang cukup luas, bahkan sistem joknya bisa dilipat sehingga membuat mobil mendapatkan space tambahan untuk bagasinya. Selain itu, MPV juga bisa menampung hingga tujuh orang di dalamnya.

Baca Juga: 5 Mobil MPV yang Paling Nyaman Suspensinya.

2. Ground clearance

Perbedaan mobil SUV dan MPV yang berikutnya adalah ground clearance. Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, SUV punya ground clearance yang lebih tinggi daripada MPV, biasanya di atas 200 mm. Hal tersebut bertujuan agar mobil tidak nyangkut di medan off-road atau jalanan bergelombang.

Sementara MPV biasanya punya ground clearance yang lebih rendah. Namun, belakangan ini juga makin banyak MPV dengan ground clearance yang cukup tinggi karena tuntutan daya angkut orang yang lebih besar dan faktor jalan yang dilewati.

3. Profil ban

Selain ground clearance, perbedaan mobil SUV dan MPV yang cukup mencolok adalah profil ban yang digunakan. Karena SUV ditujukan untuk melintasi medan yang berat, tak heran jika mobil ini menggunakan pelek dan ban dengan profil besar.

Biasanya, SUV menggunakan pelek minimal 15 inci dengan profil ban yang tebal dan gemuk. Selain itu, profil ban yang digunakan mobil SUV juga memiliki kontur dan alur yang lebih ‘kotak-kotak’. Nah, hal tersebut bertujuan agar mobil tidak mudah tergelincir saat melewati medan yang sulit, seperti jalan berpasir atau berlumpur.

Lalu, bagaimana dengan MPV? Seiring perkembangan zaman, kini banyak Agen Pemegang Merek atau APM yang membuat mobil MPV jagoannya menggunakan pelek berukuran 15 inci.

Tujuannya, sih, biar terlihat lebih macho dan gagah. Namun, kamu masih bisa membedakannya lewat profil ban yang digunakan. MPV biasanya menggunakan ban berukuran standar atau lebih tipis meski menggunakan pelek yang besar.

4. Kapasitas mesin

Perbedaan mobil SUV dan MPV yang berikutnya adalah kapasitas mesin yang digunakan. Karena digunakan untuk melibas jalanan off-road, mobil SUV biasanya hadir dengan mesin berkapasitas besar, yakni di atas 1.500 cc. Tujuannya agar mobil tetap bisa melintas di berbagai medan dengan mudah tanpa halangan.

Sementara itu, karena mobil MPV lebih digunakan untuk perjalanan bersama keluarga, baik itu harian atau pergi jarak jauh, maka mobil ini biasanya mengusung mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc.

Selain itu, masih berhubungan dengan kapasitas mesin, karena MPV lebih mengutamakan kenyamanan dalam mengemudi, mesin yang digunakan umumnya sudah dilengkapi dengan beragam teknologi terkini yang membuatnya terdengar senyap di jalan dan hemat bahan bakar.

Baca Juga: Pilih Mobil Matic atau Manual? Simak Perbandingannya Berikut Ini!

5. Penempatan ban cadangan

Penempatan ban cadangan jadi perbedaan mobil SUV dan MPV yang terakhir. Umumnya, ban cadangan mobil SUV berada di belakang atau menggantung di pintu bagasi dan kerap disebut dengan istilah konde. Namun, semakin modern, konsep ini mulai ditinggalkan karena konsumen lebih menyukai desain yang ringkas.

Nah, itu tadi beberapa perbedaan mobil SUV dan MPV yang perlu kamu ketahui. Setiap jenis kendaraan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sekarang, tinggal kamu yang harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk menemukan opsi jual-beli terbaru saat ini.