5 Rekomendasi Mobil Bekas untuk Pemula

Memiliki mobil jadi impian banyak orang, terlebih lagi buat orang-orang yang belum memiliki kendaraan. Namun, harga mobil yang relatif mahal membuat sebagian orang memilih mobil bekas dengan harga yang terjangkau.

Dengan pemilihan yang jeli, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan kendaraan tahun muda dengan kondisi yang masih prima. Di pasaran ada banyak jenis mobil bekas yang bisa dipilih, mulai dari city car hingga MPV.

Rekomendasi Mobil Bekas untuk Pemula

Buat kamu yang baru ingin membeli sebuah mobil dan sedang mengincar kendaraan bekas, berikut rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Daihatsu Xenia

Rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang pertama adalah Daihatsu Xenia. Kembaran dari Toyota Avanza ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin memiliki mobil bekas pertama. Mobil dengan bentuk dimensi yang family oriented ini dibekali dengan mesin 1.3 L DOHC 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 97 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 120 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan lewat transmisi manual 5-percepatan atau otomatis (AT).

Meski tenaganya tidak terlalu besar, nyatanya mobil ini cocok untuk dikemudikan di berbagai kondisi jalan, baik itu dalam kota atau untuk perjalanan jarak jauh. Menariknya lagi, mobil ini punya dimensi 4.140×1.660×1.695 mm serta sumbu roda 2.655 mm dengan radius putas 4,7 meter. Dengan dimensi tersebut, mobil ini bisa menampung keluarga kecil kamu dengan nyaman.

2. Suzuki Swift

Suzuki Swift masuk dalam daftar rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang kedua. Mobil dengan tampilan mewah dan sporty ini cocok banget buat kamu yang sedang mencari mobil bekas dengan tampilan yang menarik.

Mobil ini punya lampu utama berukuran besar dengan HID projector yang membuat kamu bisa mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Selain itu, terdapat juga sepasang fog lamp dengan desain yang menarik di bagian bawah bumper depan yang berfungsi sebagai pemecah kabut.

Soal fitur hiburan di dalam kabin, Suzuki Swift menggunakan head unit dengan panel touch screen serta dukungan konektivitas USB dan AUX, serta dilengkapi dengan 6 buah speaker; 4 pada pintu depan dan belakang, serta 2 buah tweeter.

Menyoal dapur pacunya, mobil dengan dimensi 3.859×1.695×1519 mm ini dibekali mesin K148 DOHC VVT 16 katup dan 4 silinder yang memiliki kapasitas mesin 1.372 cc. Mesin ini menjanjikan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada putaran mesin 6000 rpm, sementara untuk torsinya, Suzuki Swift mampu mencatatkan 130 Nm pada 4000 rpm.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Mobil Bekas Sidoarjo di Bawah Rp50 Juta.

3. Nissan Grand Livina

Satu lagi rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang bisa kamu pertimbangkan adalah Nissan Grand Livina. Andalan Nissan di segmen MPV ini memang terkenal sebagai salah satu model dengan kabin yang luas dan cocok untuk dijadikan mobil keluarga di Indonesia. 

Rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang satu ini dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 107 HP dan torsi 147 Nm. Menariknya lagi, mobil ini tak hanya memiliki mesin yang responsif, tapi juga hemat bahan bakar.

4. Nissan March

Ada beberapa alasan yang membuat mobil ini masuk dalam daftar rekomendasi mobil bekas untuk pemula versi tim BeliMobilGue.co.id. Alasan pertama adalah mobil ini punya dimensi yang compact dengan desain yang simple, yakni 3.780×1.667×1.525 mm dan radius putar 4,5 meter. Hasilnya, kamu tidak perlu merasa takut saat harus melewati jalanan yang sempit atau mengemudi di jalan yang ramai karena kamu bisa bermanuver dengan mudah. 

Soal tampilan, sih, mobil ini punya desain yang cukup oke. Hal itu bisa dilihat dari hadirnya New Daytime Running LED Light di bagian bumper depan. Selain itu, terdapat juga Rear Spoiler with LED High-Mounted Stop Lamp dengan desain aerodinamis demi keamanan mengemudi.

Sementara untuk fitur keamanannya, rekomendasi mobil bekas untuk pemula ini dilengkapi Dual SRS Airbag yang mengembang secara otomatis saat mobil mengalami benturan keras dari depan. Selain itu, terdapat juga fitur brake assist yang mencegah roda terkunci saat rem mendadak sehingga memudahkan kamu untuk menghindar dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Honda Freed Bekas di Tahun 2020.

5. Suzuki Karimun

Rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang terakhir adalah Suzuki Karimun ‘kotak’. Salah satu keunggulan mobil ini adalah punya dimensi yang mungil untuk memudahkan kamu bermanuver di jalan sempit dan padat dengan kendaraan. 

Diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1999, salah satu mobil dengan desain yang tak lekang oleh waktu ini dibekali mesin F10A SOHC 4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 970 cc. Di atas kertas, mesin ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 5 PS pada 5.500 rpm, dengan torsi puncak mencapai 102 kgm pada 4.000 rpm yang disalurkan dengan transmisi manual 5-percepatan. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi mobil bekas untuk pemula yang bisa kamu pilih. Jika tertarik, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa sektor, seperti eksterior, interior, dan mesin agar tidak merepotkan kamu saat melakukan perawatan. Jangan lupa juga kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk dapat informasi tentang mobil bekas lainnya, ya.