Sebelum Urus, Ini Dia SUV yang Pernah Dibuat Lamborghini

Awal tahun 2019, dunia otomotif geger dengan Lamborghini yang akhirnya mengeluarkan varian SUV di lini produk mereka dengan sebutan Lamborghini Urus.  Walaupun terkenal dengan citra super car dan exotic car, Lamborghini ternyata berani untuk masuk ke ranah pasar SUV mewah untuk bersaing dengan Range Rover, Bentley Bentayga, Porsche Cayenne, Volkswagen Touareg, dan Aston Martin Lagonda.

Tetapi Lamborghini ternyata sudah pernah mencoba masuk ke pasar SUV sejak tahun 1970an. Ada 4 produk SUV yang pernah dibuat oleh Lamborghini!

Lamborghini Cheetah

Mobil ini merupakan percobaan pertama dari Lamborghini untuk membuat kendaraan off-road militer. Dengan bantuan Mobility Technology International, Lamborghini mengembangkan kendaraan yang tahan banting, terutama untuk kegiatan militer. Mobil Off-Road dengan mesin Chrysler 5.900cc ini memiliki tenaga 180hp yang dapat menampung mobil seberat 2 ton dengan bahan fiberglass. Sayangnya produk ini gagal diproduksi karena memiliki banyak kekurangan seperti kendali yang sangat buruk akibat dari peletakan mesin yang ditaruh di bagian belakang. Selain itu, kurangnya dana yang dimiliki dari Lamborghini ditambah adanya permasalahan hukum karena adanya kesamaan design antara Lamborghini-MTI dengan FMC yang juga memiliki kendaraan dengan design yang sama.

Kendaraan yang dibangun untuk memenuhi pasar kendaraan militer di Amerika, Lamborghini Cheetah didesain dengan menggunakan platform rear-engined 4×4. Hanya 2 mobil yang dibuat, dan mobil ini merupakan satu-satunya Lamborghini Cheetah yang masih ada.

Lamborghini LM001

Walaupun proyek pertama dari Lamborghini untuk membuat mobil off-road mengalami kegagalan, Lamborghini tetap mau membangun proyek tersebut sehingga Lamborghini LM001 (Lamborghini Militaria 001) lahir. Sayangnya, pada proyek ini, Lamborghini hanya menaruh mesin V8 AMC dengan tenaga 180 hp (134 kW) 5.9 L (360 ci)  dengan tujuan untuk menawarkan mesin V12 dari Lamborghini Countach. Selain itu, Lamborghini juga melengkapi bagian-bagian kendaraan agar layak produksi untuk konsumen. Karena letak mesin tetap di belakang, proyek ini tidak memiliki kemajuan, sehingga Lamborghini mengurungkan proyek ini untuk membangun kendaraan off-road dari platform yang berbeda.

Kendaraan yang dibangun untuk memenuhi pasar kendaraan militer di Amerika, Lamborghini Cheetah didesain dengan menggunakan platform rear-engined 4×4. Hanya 2 mobil yang dibuat, dan mobil ini merupakan satu-satunya Lamborghini Cheetah yang masih ada.

Lamborghini LMA002

Setelah kegagalan Cheetah dan LM001 serta belajar dari kesalahan pada design kendaraan, Lamborghini kembali membangun mobil off-road dengan nama LMA002 (Lamborghini Militaria anteriore 002) yang memiliki mesin di bagian depan. Walaupun Lamborghini perlu mendesain ulang seluruh chasis, Lamborghini akhirnya menggunakan mesin V12 dengan kekuatan 332 bhp (248 kW; 337 PS) dan torsi 314 lb⋅ft (426 N⋅m) dari Lamborghini Countach untuk proyek ini. Chasis LMA001 juga menggunakan design tubular dari bahan pesawat luar angkasa yang menghasilkan berat 2600kg.

Baca Juga:

Naik Kendaraan Umum vs Mobil Pribadi, Manakah yang Paling Hemat?

Jual Mobil Second yang Harganya Stabil, Mau? Pertimbangkan 5 Merek Ini

Untuk menopang penambahan berat, Lamborghini juga mendesain ulang suspensi dan menambah power steering. Selain itu LMA002 menggunakan transmisi hidrolik. Selain itu, fitur 4WD yang bisa dimatikan menjadi gebrakan baru bagi Lamborghini dan dunia otomotif. Sayangnya, hanya satu LMA002 yang diproduksi. Namun setelah beberapa penyesuaian, Lamborghini membangun LM002.

Lamborghini LM002

Setelah banyak dana dan waktu yang dikeluarkan untuk membangun sebuah mobil off-road, akhirnya Lamborghini mengeluarkan LM002. Sebuah kendaraan off-road mewah dengan fitur interior full kulit dengan premium stereo di atap mobil. LM002 memiliki ban Pirelli Scorpion yang dapat berjalan aman dengan kondisi kempes dan dapat tahan berjalan di panasnya gurun pasir. Lamborghini LM002 juga memiliki pilihan mesin V12 Countach dan Lamborghini L804 dengan besaran mesin 7200cc V12  yang biasa dipakai di powerboat.

Sayangnya, Lamborghini LM002 hanya diproduksi 300 unit sehingga memiliki predikat sangat langka karena. Mobil yang memiliki predikat Rambo’s Lambo ini pernah ada di film Toys (1992), dan Fast and Furious (2009). Di Indonesia, kabarnya ada satu unit Lamborghini LM002 yang masih dalam keadaan sehat.

Nah, menurut kamu Lamborghini Urus apakah akan menjadi ikon seperti Lamborghini LM002? Kalau kamu ingin mengganti mobil lama kamu dengan yang baru, silakan jual lewat BeliMobilGue.co.id. Di sini, kamu bisa jual mobil cuma dalam 1 jam, dengan aman dan nyaman!