5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Mobil bekas jadi pilihan buat sebagian orang yang ingin memiliki mobil pertama. Alasannya tentu adalah harga miring yang ditawarkan. Namun, membeli sebuah mobil bekas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mobil bekas tersebut dapat menunjukkan performa terbaiknya dan enggak banyak minta jajan.

Nah, apakah kamu sedang berencana membeli mobil bekas? Berikut tips membeli mobil bekas yang perlu kamu tahu.

Tips Membeli Mobil Bekas

Setidaknya, ada lima tips membeli mobil bekas yang perlu kamu tahu agar bisa mendapatkan mobil idaman dengan harga terjangkau. Apa saja?

1. Ketahui riwayat mobil bekas

Tips membeli mobil bekas yang pertama adalah kamu wajib mengetahui riwayat mobil. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan menanyakan catatan servis mobil idaman kamu.

Tips membeli mobil bekas yang satu ini wajib kamu lakukan untuk mengetahui bagaimana pemilik mobil sebelumnya merawat mobil tersebut selama digunakan. Sebelum membeli, kamu wajib memastikan bahwa kendaraan yang kamu incar kerap mendapatkan perawatan secara berkala sehingga kamu bisa mendapatkan mobil bekas terbaik dengan performa dan kondisi yang prima.

Tidak berhenti sampai di situ. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih mobil yang selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi sehingga kamu bisa memastikan keaslian dari suku cadang yang digunakan.

2. Periksa kondisi fisik mobil

Tips membeli mobil bekas yang berikutnya adalah memeriksa kondisi fisik mobil bekas yang kamu incar, baik itu eksterior atau interior mobil. Kamu wajib memeriksa kondisi bodi secara menyeluruh. Pastikan bahwa beberapa komponen seperti pintu, kap mesin, dan kaca mobil masih orisinil.

Selain itu, kamu juga wajib memeriksa struktur rangka atau chassis mobil tersebut. Pastikan bahwa rangkanya masih dalam kondisi yang bagus, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

Selain eksterior, kamu juga wajib memeriksa kondisi kabin mobil atau interiornya. Periksa tiap sambungan di beberapa komponen mobil seperti dashboard. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa kondisi tempat duduknya. Perhatikan apakah ada noda kotor seperti bekas banjir atau tidak. Jika kamu menemukan hal tersebut, pikir-pikir lagi sebelum membeli mobil itu.

3. Periksa kondisi mesin dan lakukan test drive

Setelah memeriksa kondisi eksterior dan interior kendaraan incaran, tips membeli mobil bekas yang berikutnya adalah memeriksa kondisi mesin mobil tersebut. Tak bisa dimungkiri, performa mesin sangat memengaruhi kenyamanan selama mengemudi.

Periksa tiap bagian mesin dengan seksama. Lihat bagian-bagiannya dan cari tahu adakah bagian yang terkena rembesan oli atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan suara mesin saat mobil dinyalakan.

Jika pada saat dinyalakan dan mesin mobil mengeluarkan bunyi yang kasar, kamu wajib menanyakan hal tersebut kepada si penjual. Agar lebih yakin saat memeriksa kondisi mesin, kamu bisa mengajak teman atau mekanik untuk membantu kamu memeriksanya.

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan test drive untuk merasakan sensasi mengemudi yang sesungguhnya dari mobil tersebut. Dengan melakukan test drive, kamu bisa mengetahui beberapa hal. Tak cuma mesin dan performanya, kamu juga bisa merasakan bagian kaki-kakinya ada masalah atau tidak saat melewati jalanan bergelomban atau rusak.

4. Jangan tergiur dengan harga murah

Ya, saat membeli sebuah mobil bekas, kamu tidak boleh percaya begitu saja dengan harga murah yang ditawarkan. Jika kamu menemukan si penjual mobil berani menjual kendaraan tersebut dengan harga jauh lebih murah daripada harga pasaran, kamu wajib curiga.

Bisa saja ada beberapa alasan di balik hal tersebut, mulai dari mobil yang tidak memiliki surat-surat lengkap, bekas terendam banjir, atau pernah mengalami kecelakaan.

5. Perhatikan surat-suratnya

Tips membeli mobil bekas yang terakhir adalah perhatikan kelengkapan surat-suratnya, mulai dari STNK, BPKB, hingga faktur pembeliannya. Lihat dan perhatikan dengan teliti, cocokkan warna, tipe, tahun, nomor polisi, hingga nomor mesinnya. Jika kamu melihat ada yang berbeda, jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada si penjualnya.

Itu dia beberapa tips membeli mobil bekas yang perlu kamu tahu. Selain melakukan beberapa tips tersebut, kamu juga perlu membeli mobil bekas di tempat yang terpercaya seperti BeliMobilGue.co.id. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa mendapat mobil bekas idaman dengan harga yang pas di kantong.