Inilah 5 Tips Membeli Mobil BMW Bekas

Kira-kira apa yang harus dipersiapkan untuk membeli BMW bekas, ya? Hmmh.. tips membeli BMW bekas ini bisa jadi panduan untukmu. Siapa coba yang tidak mau punya mobil BMW? Mahal, sih, tapi membeli versi bekasnya bisa jadi solusi.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil asal Jerman ini. Tidak mau ‘kan dapat pepesan kosong setelah mengeluarkan jumlah yang tak sedikit? Ikut saja tips membeli BMW bekas dari BeliMobilGue.co.id berikut ini!

Plus Minus Beli Mobil BMW Bekas

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat membeli BMW. Itu, kalau beli yang baru. Jika kamu beli yang bekas, tentu harus menerima plus dan minus yang ditawarkan.

Jangan sampai, merek BMW yang punya kesan perlente membutakan matamu. Ada beberapa plus minus beli mobil BMW yang harus dijadikan pertimbangan.

Nilai Plus Beli Mobil BMW

Tidak diragukan lagi, BMW merupakan salah satu mobil yang masuk dalam jajaran kendaraan terbaik di dunia. Pernah terpikirkan tidak, mengapa ya orang sangat minat beli BMW walau bekas?

Pertama, ini dipengaruhi oleh desain bodi BMW yang selalu terkesan modern, sporty, dan elegan. Interiornya pun dijamin dibuat dengan taraf premium. Begitu pula fitur-fitur yang menjadi bawaannya.

Hal yang kedua ialah mesin yang dimiliki mobil ini. Dibandingkan mobil-mobil produksi Asia, konon mesin kendaraan Eropa khususnya BMW sangat “bandel” namun minim perawatan.

Nilai Minus Beli Mobil BMW

Bukan rahasia lagi, di balik kemewahan yang dimiliki BMW, terdapat harga mahal yang harus dibayarkan. Bukan hanya harga belinya-baik baru maupun bekas-tapi juga suku cadangnya.

Terlebih lagi, suku cadang BMW tidak dijual secara umum di Indonesia layaknya mobil Jepang dan Tiongkok. Jadi, ketika mobil BMW bekas rusak, bakal cukup sulit untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas.

Tips Membeli Mobil BMW Bekas yang Aman

Kira-kira apa yang harus dipersiapkan untuk membeli BMW bekas, ya? Simak panduannya berikut ini.

1. Memilih dealer mobil bekas yang terpercaya

Biarpun banyak showroom mobil bekas (mobkas) umum yang menjual BMW, namun akan lebih baik jika kamu memilih yang telah berpengalaman khusus menjual kendaraan mewah. Ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan BMW bekas yang dirawat dengan baik.

Mengapa demikian? Pasalnya, dealer mobkas khusus ini memiliki standard of operation (SOP) tersendiri untuk menjaga kualitas kendaraan mewah.

Pastikanlah rekam jejak dealer tersebut, baik dengan melihat langsung showroom-nya ataupun penilaiannya di situs diskusi otomotif. Lihat pula kualitas mobil-mobil bekas mewah yang mereka pasarkan di showroom selain mengecek BMW incaranmu.

2. Lihatlah histori mobil BMW taksiran

Menjadi hal yang sangat penting untuk mempelajari histori kondisi mobil BMW bekas yang kamu idamkan. Ada berbagai hal yang perlu kamu ketahui karena hal-hal tersebut berhubungan dengan risiko kerusakan di masa depan. Sebagai contoh kamu perlu mengetahui hal-hal di bawah ini:

– Apakah mobil BMW pilihanmu pernah mengalami kecelakaan?

– Apakah mobil BMW pilihanmu pernah terendam banjir?

– Apakah mobil BMW pilihanmu pernah mendapatkan bodywork atau rekondisi mesin?

3. Pilih mobil BMW dengan melibatkan jasa inspeksi mobkas

Tips membeli BMW bekas selanjutnya ialah jadilah pembeli yang benar-benar kritis. Apalagi, hal ini menyangkut jual beli yang kamu lakukan terkait mobil berharga cukup mahal.

Caranya, ketika sudah mendapatkan laporan atas histori kerusakan BMW impian, kamu juga bisa melakukan inspeksi dengan melibatkan inspektor independen. Untuk hal ini, kamu perlu mengeluarkan biaya sekiranya ratusan ribu Rupiah.

Ingatlah bahwa laporan riwayat kendaraan memberi tahu kamu tentang hal-hal yang dilaporkan, tetapi itu tidak sempurna. Hanya karena kamu tidak melihat sesuatu di laporan tidak berarti itu tidak terjadi, bukan?

Merasa biaya yang dikeluarkan memberatkan? Jangan berpikir seperti itu! Biaya inspeksi yang kamu keluarkan tidak akan seberapa dibandingkan dengan ketenangan pikiran hingga masa depan. Percayalah, pengorbanan ini cukup sepadan.

Baca Juga: 8 Mobil Keluarga Terbaik di Indonesia.

4. Perhatikan masalah mesin

Selain historis kecelakaan, kamu pun memeriksa secara seksama masalah permesinan yang dialami si BMW bekas pilihan. Tanyakan kepada mereka bagian mesin mana yang mungkin telah diservis atau diganti baru-baru ini.

Sebagai contoh misalnya hal-hal seperti sistem pendingin dan komponennya, termasuk pompa air, dan termostat. Pasalnya, tipe BMW ternyata tertentu terkenal memiliki kegagalan sistem pendingin. Jadi pastikan kamu melindungi mobil ini sebelumnya.

5. Lakukan test drive

Laporan inspeksi kendaraan bisa jadi bagus, namun tidak ada yang sepadan dengan pengalaman mengendarai BMW bekas taksiranmu sendiri. Caranya adalah dengan mengajukan test drive.

Pastikan untuk mencoba mobil dalam jarak yang cukup jauh. Pasalnya, hal ini adalah kesempatan bagimu untuk benar-benar merasakan bagaimana kinerja dan penanganan kendaraan.

Saat melakukan test drive, jangan terlena dengan fitur canggih yang ada di dalamnya. Pastikan kamu memeriksa dan merasakan bagaimana BMW tersebut melaju di jalanan.

Alangkah lebih baik jika kamu berkendara dengan kondisi musik mati. Dengan demikian kamu bisa mengetahui suara apa saja yang keluar. Siapa tahu AC atau bahkan mesinnya berdengung yang mana merupakan sebuah masalah besar di kemudian hari.

Semoga ulasan lengkap dan tips membeli mobil BMW bekas dari BeliMobilGue.co.id di atas dapat bermanfaat. Ingat, jangan terlena dan tergiur dengan BMW berharga murah. Mengecek kondisinya adalah cara untuk mendapatkan BMW bekas terbaik.