Begini Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat

Mengingat fungsinya yang vital, ban jadi salah satu komponen mobil yang wajib mendapatkan perawatan yang rutin. Sebab, tak hanya berpengaruh pada kenyamanan saja, tapi juga pada faktor keselamatan kamu selama mengemudi.

Namun, seiring waktu pemakaian, umur dan kemampuan ban mobil juga bisa berkurang. Jika sudah begini, mau tidak mau kamu harus segera memilih ban mobil baru agar mobil kesayangan bisa menunjukkan performa terbaiknya. Apakah kamu sedang berencana membeli ban mobil baru? Ini dia tips memilih ban mobil yang tepat.

Tips Memilih Ban Mobil

Ada beberapa hal yang dijadikan pertimbangan sebelum memilih ban mobil. Apa saja? Berikut tips memilih ban mobil yang perlu kamu tahu.

1. Perhatikan jenis ban mobil

Tips memilih ban mobil yang pertama adalah memperhatikan jenis ban mobil kamu. Perlu kamu ketahui bahwa ban yang beredar di pasaran dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan mobil, mulai dari ‘P’, ‘LT’, ‘ST’, hingga ‘T’.

Nah, dari tiap kode tersebut punya arti dan peruntukannya masing-masing. Untuk jenis ‘P’, misalnya. Ban jenis ini berarti passenger dan ditujukan untuk mobil-mobil penumpang. Selain itu, ada ‘LT’ yang menunjukkan bahwa ban tersebut ditujukan untuk truk yang tidak terlalu berat atau sedang.

Lantas, bagaimana dengan ‘ST’ dan ‘T’? Jenis ‘ST’ di sini didesain untuk truk trailer dan huruf ‘T’ diartikan sebagai ban untuk ban cadangan mobil. Nah, penting bagi kamu untuk mengetahui hal tersebut sebelum memilih ban mobil. Tidak lucu, kan, kalau kamu punya mobil penumpang tapi malah memilih ban untuk truk?

2. Perhatikan ukuran ban mobil

Tips memilih ban mobil yang berikutnya adalah memperhatikan ukuran ban mobil. Nah, tiap ukuran ban ini berbeda-beda, tergantung dari mobil apa yang kamu pakai. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan city car seperti Honda Brio atau Daihatsu All New Sirion, biasanya akan menggunakan ban dengan kode 185/55 R15.

Tenang, jangan keburu bingung dengan kode tersebut. Mari kita bahas arti tiap kodenya. Pertama adalah angka 185 yang menunjukkan berapa lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Perlu diketahui, lebar ban ini punya pengaruh besar dalam performa dan kestabilan mobil kamu saat sedang dikemudikan.

Lebih lanjut, angka 55 menunjukkan ketebalan ban dibandingkan dengan lebar telapak ban yang dituliskan dalam persentase. Itu artinya, angka 55 memiliki arti bahwa tebal ban adalah 55% dari 185 milimeter. Nah, semakin tebal sebuah ban, maka keseimbangan mobil juga jadi lebih bagus.

Kemudian ada huruf ‘R’ yang menyatakan kriteria ban Radial. Selain itu, angka 15 di belakang huruf ‘R’ menunjukkan ukuran diameter pelek yang kamu gunakan dalam satuan inci.

3. Lihat alur ban mobil

Selain jenis dan ukuran ban mobil, kamu juga wajib memperhatikan alur ban yang akan kamu pilih nanti. Sebab, alur ban punya peran cukup penting dalam menjaga traksi dan kestabilan mobil kamu saat sedang dikemudikan di jalan.

Yang harus kamu pastikan adalah pilih ban dengan alur yang masih tebal. Kamu perlu berhati-hati saat hendak membeli ban di pinggir jalan. Soalnya, nih, tidak sedikit oknum tidak bertanggung jawab yang menjadi pengukir ban. Jadi, mereka akan menjual ban bekas/tipis, tapi diukir lagi sehingga terlihat seperti ban baru.

Tak berhenti sampai di situ. Kamu juga perlu perhatikan model alur yang dipilih. Usahakan untuk memilih alur yang bisa bekerja dengan maksimal dalam kondisi kering atau basah.

Saran untuk kamu, ban dengan alur yang baik adalah ban yang memiliki model alur ‘V’ karena memiliki daya gesek yang tinggi dan mampu memecah air dengan baik, sehingga mampu membuat mobil jadi lebih stabil saat dikemudikan di berbagai kondisi.

4. Perhatikan tahun pembuatan ban mobil

Tips memilih ban mobil selanjutnya adalah memperhatikan tahun pembuatan ban. Sama seperti ukuran ban, kamu juga bisa mengetahui kapan ban mobil incaran kamu diproduksi. Sebagai contoh, kamu menemukan ban dengan kode angka 0213 yang berada di dinding ban.

Angka 02 menunjukkan minggu pembuatan ban, sedangkan angka 14 menunjukkan tahun pembuatannya. Jadi, bisa disimpulkan kode tersebut menunjukkan bahwa ban tersebut dibuat pada minggu ke-2 pada 2013. Nah, jika kamu sudah mengerti arti kode tersebut, jangan langsung tergesa-gesa dalam memilih ban mobil.

Sebaiknya, pilihlah ban dengan tahun produksi yang masih baru. Sebab, semakin baru ban tersebut diproduksi, maka kondisi dan kemampuannya dalam mencengkeram jalan lebih baik dibandingkan dengan ban yang diproduksi dalam kurun waktu yang lebih lama.

Itu dia beberapa tips memilih ban mobil yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya. Pastikan kamu membeli ban mobil di tempat yang terpercaya untuk menjamin mutu dan kualitasnya. Selain itu, jangan lupa kunjungi BeliMobilGue.co.id untuk tahu informasi terkini terkait mobil bekas, ya.